Faire une Pause - Timeout - Rehat

The blog contains mainly my reading activity, -- in broader sense, it includes watching film for example -- experience and my personal appreciation on what I read. Basically, I will read books in one of the three (so far) languages: Indonesian, English, French, then I will write the comment on other language than the text I read, at least I'll try to do so.

o

Thursday, October 27, 2005

Sekilas tentang penghargaan sastra di Prancis

Ada beberapa penghargaan buat sastra di Prancis. Yang paling terkenal biasanya memberikan hadiahnya pada bulan November, bulan depan. Pasti susah memberikan penghargaan, apalagi tahun ini selama bulan Juli/Agustus/September terbit hampir 700-an roman, dan sekitar 500 penulis.

Berikut ini sedikit tentang penghargaan-penghargaan:

1. Prix Goncourt
Paling bergengsi, karena paling tua. Didirikan oleh dua orang bersaudara Goncourt, tahun 1903. Saat ini, juri terdiri dari 10 orang, dengan Bernard Pivot adalah juri terakhir yang masuk ke Goncourt.
Pemenangnya mendapatkan uang sejumlah .... 10 Euro.
Pemenang paling terkenal prix ini adalah Marcel Proust, 1919.
http://www.academie-goncourt.fr/.


2. Prix Renaudot
Saingan terdekat Goncourt, sering disebut anti-Goncourt. Didirikan tahun 1926. Orang-orang biasa menyebut Renaudot hadir untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan oleh para juri Prix Goncourt. Jumlah juri 10 orang, presidennya bergantian.
Tidak ada hadiah uang.
Pemenangnya tidak boleh pemenang
Prix Goncourt, Prix Renaudot, Prix Fémina, Prix Intérallié, Prix Médicis lima tahun terakhir.
Kecuali kalau seluruh juri setuju untuk melakukan sebaliknya.
Pemenang paling terkenal adalah Louis -Ferdinand Celine dan Louis Aragon.
http://www.renaudot.com/

3. Prix Femina
Didirikan tahun 1904 oleh 20 jurnalis wanita. Seluruh jurinya wanita untuk mengimbangi Goncourt yang mungkin memiliki kecendrungan maskulin. Saat ini jumlah jurinya 12.

4. Prix Intérallié
Didirikan tahun 1930 oleh 30 jurnalis pria. Seluruh jurinya adalah laki-laki, untuk bersaing dengan Prix Femina yang memiliki kecendrungan feminim...:-) Saat ini jumlah jurinya 10. Salah seorang juri adalah pemenang tahun sebelumnya.
(Bagaimana bila pemenangnya perempuan yah ?)

5. Prix Medicis
Didirikan tahun 1958. Menekankan pemilihan kepada penulis muda yang bergaya baru. Juga memberikan penghargaan pada penulis asing.

6. Goncourt Lyceen
Jurinya adalah anak-anak SMA yang disuruh membaca sastra dan memberikan penilaian. Jumlahnya ribuan.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home